Kuliner Khas Magetan yang Lezat dan Wajib Dicicipi

Makanan khas Magetan merupakan makanan yang terkenal dengan rasa yang bervariasi dan bentuknya yang unik. Jadi sangat menarik untuk dibahas. Mungkin sudah menjadi kewajiban bagi setiap wisatawan jika sedang berwisata ke suatu daerah, tidak lengkap rasanya jika tidak mencoba makanan khas daerah tersebut.

Karena setiap menu kuliner di setiap daerah pasti memiliki cita rasa yang unik dan lezat, salah satunya adalah Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Kabupaten ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Ngawi di sebelah utara, Kabupaten Madiun dan Kota Madiun di sebelah timur, serta Kabupaten Wonogiri dan Kabupaten Karanganyar yang keduanya termasuk dalam provinsi Jawa Tengah.

Yang menjadi ciri khas makanan khas suatu daerah dapat dilihat dari jenis dan rasa dari suatu makanan. Meskipun sebagian besar makanan khas Magetan memiliki kemiripan dengan kuliner masakan dengan daerah lain di Indonesia, namun makanan khas daerah Magetan memiliki ciri khas yang berbeda dengan daerah lain di Indonesia.

ayam panggan makanan khas magetan
Ayam Panggang

Apa Saja Kuliner Khas Magetan?

  • Ayam Panggang Gandu

Anda dapat menemukan makanan khas Magetan di Desa Gandu. Salah satu ciri dari olahan ayam yang satu ini ialah pada cara pemanggangannya yang masih dilakukan secara tradisional.

Ayam akan diletakkan di atas tungku tanah liat menggunakan pembakar kayu. Bumbunya yang gurih akan meresap ke dalam sehingga membuat siapa saja yang mencicipinya ketagihan.

  • Tahu Tepo

Kuliner khas Magetan selanjutnya adalah Tepo Tahu. Makanan khas Magetan ini terbuat dari bahan utama seperti lontong, tahu, kol, tauge, kangkung, bayam, dan lain-lain. Bahan-bahan tersebut kemudian dibumbui dengan kecap dan pecel.

Makanan ini akan terasa lebih nikmat jika dinikmati dengan kerupuk. Meski terlihat sama dengan makanan dari daerah lain, Tepo Tahu dari Magetan memiliki cita rasa tersendiri. Makanan ini bisa Anda coba jika berkunjung ke Magetan.

  • Ayam Tulang Lunak

Salah satu makanan khas Magetan yang bisa Anda coba ialah Ayam Tulang Lunak. Sesuai dengan namanya, makanan ini terbuat dari daging ayam yang telah diolah sedemikian rupa sehingga tulangnya menjadi lunak. Anda juga dapat menikmati semua bagian ayam termasuk tulangnya.

Ayam tulang lunak dari Magetan memiliki racikan spesial dan bumbu yang enak. Anda juga akan mendapatkan rasa yang menggugah selera. Apalagi jika dinikmati dengan nasi hangat dan sambal matah.

  • Pecel Pincuk Khas Magetan

Salah satu makanan khas Magetan yang wajib Anda coba saat berkunjung ke Magetan adalah Pecel. Magetan menjadi salah satu kuliner khas yang hampir ada di setiap sudut daerah ini. Pecel di Magetan memiliki rasa yang enak dengan berbagai isian seperti tumbuk, telur, ikan, ayam goreng, tempe goreng, dan sebagainya.

Makanan ini bisa dijadikan penambah rasa lapar saat Anda jalan-jalan di Magetan. Harganya juga sangat terjangkau.

  • Sempolan

Sempolan adalah jajanan yang sering dijumpai di Magetan, khususnya di kawasan Gorang-gareng Magetan. Anda akan menemukan banyak penjual sempolan di warung pinggir jalan di kawasan Gorang-gareng, Magetan. Bahkan hampir setiap desa di sekitar kawasan Gorang-gareng menjual sempolan.

Sempolan ini terbuat dari tepung terigu dan tepung kanji yang digunakan sebagai adonan ditambah bumbu seperti garam dan cabai, di dalam campuran tepung bisa juga ditambahkan ayam giling.

Setelah setengah matang, sempolan dicelupkan ke dalam kocokan telur lalu digoreng lagi. Sempolan disajikan seperti sate karena ditusuk di tusuk sate bambu. Rasanya kenyal dan gurih, lebih nikmat jika ditambah kecap dan saus.